Jokowi Bilang Banyak Negara Ekonominya Ambruk, Ini 6 Daftarnya Menurut Bank Dunia

  • Share
Terkait Pemilu 2024, Relawan Tim 7 Nyatakan Satu Sikap dengan Jokowi

Mesjid.id – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menegaskan bahwa krisis yang dialami dunia semakin nyata. Kekinian, dunia sedang dihantam krisis yang datang secara bertubi-tubi. Ia juga mengatakan banyak negara ekonominya ambruk. Benarkah?

Diketahui krisis dunia dimulai dari pandemi Covid-19. Kemudian saat negara-negara berupaya memulihkan dampak dari pandemi, perang antara Rusia dan Ukrania menjadi mimpi buruk karena merembet pada sektor pangan dan energi. Yuk intip deretan negara yang ekonominya ambruk akibat krisis melanda. 

Negara Yang Ekonominya Ambruk

Jokowi mengatakan jumlah negara yang bakal ambruk sangat banyak. Ia pun meminta semua pihak hati-hati. Berdasarkan data World Bank (Bank Dunia) yang dirilis Juni 2022, inilah daftar negara yang ekonominya ambruk:

Baca Juga:
Ancaman Resesi Ekonomi AS, Harga Minyak Anjlok 3 Persen

1. Sri Lanka

Krisis ekonomi di Sri Lanka membuat warganya frustasi hingga kabur dan bekerja di luar negeri. Negara ini berada dalam kondisi terburuk setelah utang negara membengkak dan cadangan devisa pun tak mampu menutupi. Bank Dunia memprediksi tahun 2022 ekonomi Sri Lanka mencapai -7,8%. 

Terbaru, Sri Lanka menutup sekolah dan menghentikan layanan tidak penting selama dua pekan ke depan mulai Senin (20/6/2022) waktu setempat. Penutupan itu bertujuan untuk menghemat cadangan BBM. 

2. Ukrania

Kondisi ekonomi Ukrania terus-terusan tertekan akibat perang dengan Rusia. Bank Dunia memperkirakan sepanjang 2022 ekonomi Ukrania -45,1% setelah sebelumnya turun 16% pada kuartal I. Perang di Ukrania membuat banyak penerbangan di negara itu dibatalkan hingga investasi asing dan dosmetik menguap hanya dalam waktu sekejap. Kondisi tersebut membuat Ukrania diprediksi bisa kehilangan US$ 280 miliar atau setara dengan Rp 4.004 trilian (kurs Rp 14.300). 

Baca Juga:
Bobby Nasution Puji Kahiyang Ayu Makin Cantik, Kaesang Malah Bilang Begini

3. Rusia



#Jokowi #Bilang #Banyak #Negara #Ekonominya #Ambruk #Ini #Daftarnya #Menurut #Bank #Dunia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.