Sejarah Lukisan Monalisa, Mahakarya Leonardo da Vinci yang Dilempari Kue

  • Share
Sejarah Lukisan Monalisa, Mahakarya Leonardo da Vinci yang Dilempari Kue

Mesjid.id – Kabar lukisan Monalisa yang dilempari kue oleh orang tidak bertanggung jawab saat dipamerkan di museum Louvre, Prancis, menjadi hangat belakangan ini. Meski oknum yang menjadi pelaku sudah tertangkap, kini justru banyak orang yang tertarik dengan sejarah lukisan Monalisa yang terkenal tersebut.

Popularitas lukisan ini sendiri sepertinya sudah mendunia, dan diklaim jadi salah satu karya seni lukis terbesar yang pernah dibuat. Tidak sedikit yang belum mengetahui sejarah lukisan Monalisa sendiri. Untuk melihat sejarahnya, Anda bisa simak ulasan di poin berikut ini.

Sejarah Lukisan Monalisa

Lukisan ini sendiri dibuat oleh Leonardo da Vinci, pada tahun 1503 hingga 1519 saat ia menetap di Florence, Italia. Di era tersebut, ia mendatangi seorang bangsawan Italia untuk melukis satu sosok yang mirip dengan Bunda Maria.

Baca Juga:
Duh! Lukisan Mona Lisa di Museum Louvre Dilempari Kue oleh Pria Berwig

Pose yang anggun, dan senyum yang hangat, mencerminkan karakter feminim dan rendah hati seperti Bunda Maria. Model dari lukisan ini sendiri bernama Lisa del Giocondo yang merupakan anggota keluarga bangsawan Gherardini yang cukup berpengaruh di Florence kala itu.

Singkat cerita, Lisa del Giocondo kemudian menikah dengan pedagang dan saudagar kain sutra besar bernama Francesco di Bartolomeo di Zanobi del Giocondo. Pasangan ini terkenal sebagai pasangan berpengaruh di Florence semasa hidupnya.

Di sinilah kemudian sosok da Vinci hadir, sebagai seorang seniman yang diminta oleh Francesco di Bartolomeo di Zanobi del Giocondo untuk melukis istrinya. Dengan iming-iming imbalan besar, ia menyetujui tugas tersebut mengingat kondisi keuangannya yang sangat buruk.

Proses melukis dilakukan selama kurang lebih satu tahun, dan sisanya adalah sejarah.

Mengalami Berkali-Kali Upaya Perusakan

Baca Juga:
5 Fakta Lukisan Mona Lisa Dilempari Kue oleh Pria, Pelaku Menyamar Jadi Nenek

Serangan pelemparan kue yang terjadi beberapa saat lalu ini bukan kali pertama lukisan Monalisa mengalami upaya perusakan. Sebelumnya, tercatat setidaknya empat kali lukisan ini mengalami serangan, bahkan pencurian.



#Sejarah #Lukisan #Monalisa #Mahakarya #Leonardo #Vinci #yang #Dilempari #Kue

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.