4 Versi Bacaan Doa Iftitah dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

  • Share
4 Versi Bacaan Doa Iftitah dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Mesjid.id – Bacaan doa iftitah merupakan bacaan amalan sunnah yang dilafalkan setelah gerakan takbiratul ihram pada rakaat pertama dan sebelum membaca surat Al-Fatihah dalam sholat. Bacaan doa iftitah dan artinya ini tidak dilafalkan saat sholat jenazah, sholat Idul Fitri/Idul Adha dan beberapa sholat lainnya.

Doa iftitah merupakan doa yang dianjurkan atau sunnah oleh Rasulullah SAW. Artinya jika seorang muslim membaca doa iftitah maka akan diberikan tambahan pahala, sedangkan jika tidak membaca doa tersebut juga tidak menyebabkan dosa.

Doa iftitah berisikan kalimat pujian atas kebesaran Allah SWT. Selain itu, doa iftitah merupakan ungkapan permohonan untuk mendapatkan perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. Berikut ini bacaan doa iftitah dan artinya yang wajib untuk diketahui setiap umat muslim.

Doa Iftitah dan Terjemahannya

Baca Juga:
Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara Mengerjakannya

Setelah mengetahui apa itu doa iftitah, umat muslim juga harus mengetahui bacaan doa iftitah beserta terjemahannya. Adapun beberapa versi doa iftitah yang dapat kamu ketahui sebagai berikut.

Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiraa

“Allaahu akbar kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. 

Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.”

Artinya: “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Baca Juga:
Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek dan Artinya yang Mudah Dihafalkan

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim.”



#Versi #Bacaan #Doa #Iftitah #dan #Artinya #Sesuai #Anjuran #Rasulullah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *