Masyarakat Tasikmalaya Sibuk Berbenah Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022

  • Share
Masyarakat Tasikmalaya Sibuk Berbenah Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022

Mesjid.id – Menjelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022, kesibukan masyarakat Tasikmalaya, Jawa Barat, semakin meningkat. Kesibukan tampak di kompleks SMK Plus Al Hasanah di Kecamatan Gunung Tanjung dan di Kantor Kecamatan Puspahiang.

Dua lokasi ini merupakan bagian dari titik-titik aktivitas pelaksanaan Peringatan HLUN 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan, diantaranya pemasangan umbul-umbul di titik-titik strategis yaitu jalan utama kecamatan, dan lokasi kegiatan.

Panitia, petugas terkait dibantu Tagana dan pilar-pilar sosial bahu membahu menyiapkan berbagai kelengkapan, diantaranya pemasangan peralatan teleconference dan TV 50 inchi dan sound.

Tampak tenda juga sudah berdiri lengkap dengan karpet dengan dekor, backdrop, meja kursi untuk tamu, undangan dan pendamping.

Baca Juga:
Kemensos Targetkan Dapat Menyalurkan 10.000 Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas di 2022

Di Kantor Kecamatan Puspahiang akan hadir 309 lansia. Mereka akan menerima layanan yang dibagi menjadi 3 pos yaitu Pos Pelayanan Kesehatan, Pos Pelayanan Pengurusan E-KTP, pemberian bantuan sosial serta senam lansia.

Di sini akan diberikan bantuan Arensi dari Sentra Budhi Perkasa Palembang, berupa bantuan kewirausahaan, perabot rumah tidak layak huni dan 2 ekor kambing ( 1 paket). Bantuan kebutuhan dasar dan nutrisi (beras, minyak goreng, sarden, sandang, susu, Vit. C) sebanyak 304 paket. Bantuan Aksesibilitas (kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak (24 paket) dan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Di SMK Plus Al Hasanah akan hadir 250 lansia. Mereka akan menerima layanan kesehatan, pelayanan E-KTP, dan pelayanan Vaksin Covid-19.

Bantuan Atensi berisi nutrisi dan sandang 250 paket, kaca mata 7 set, kursi roda adaptif 16 unit, kursi roda standar 40 unit, alat bantu dengar 18 set, tongkat jalan 24 batang, walker 5 set, dan isian hunian RTLH 1 paket, dengan total bantuan senilai Rp548.705.000.

Selain itu, diserahkan pula bantuan kearifan lokal Rp 50.000.000 berupa usaha kelompok paguyuban lansia produktif berupa ternak ikan, ternak itik.

Baca Juga:
Kemensos Dipersilakan Susun Katalog Sektoral Pengadaan Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Kemensos juga membantu melalui Tagana Masuk Sekolah (TMS) di dua sekolah oleh Dit. Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Tagana.



#Masyarakat #Tasikmalaya #Sibuk #Berbenah #Jelang #Peringatan #Hari #Lanjut #Usia #Nasional

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.