8 PTN Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK, Peserta Calon Mahasiswa Tidak Perlu Ujian Lagi

  • Share
8 PTN Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK, Peserta Calon Mahasiswa Tidak Perlu Ujian Lagi

Mesjid.id – Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 akan dijadwalkan pada 23 Juni 2022 mendatang. Ternyata nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tidak hanya dapat digunakan untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Pergurunan Tinggi Negeri (SBMPTN) saja, namun nilai UTBK juga bisa digunakan untuk masuk PTN jalur mandiri. Simak 8 PTN jalur mandiri pakai nilai UTBK berikut. 

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memberikan peluang bagi siswa yang tidak lolos pada SBMPTN untuk mendaftarkan diri melalui jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK berikut. Sehingga siswa tidak perlu ujian lagi saat mengikuti seleksi masuk PTN jalur mandiri. Mana saja PTN jalur mandiri pakai nilai UTBK?

8 PTN Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 

Berikut ini 8 kampus yang membuka pendaftaran jalur mandiri pakai nilai UTBK: 

Baca Juga:
Jadwal UTBK Gelombang 2 dan Dokumen yang Wajib Dibawa Peserta

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Institut Teknologi Bandung (ITB). (Sumber: itb.ac.id)

Proses penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri ITB atau SM-ITB menggunakan beberapa komponen penilaian sebagai berikut: 

  • Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas atau sekolah selain FSRD. 
  • Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi calon pendaftar ke FSRD 
  • ITB tidak menetapkan nilai rapor minimum dan nilai UTBK minimum sebagai persyaratan utama peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 

Seleksi akan dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor serta nilai UTBK peserta. Khusus bagi pendaftar ke FSRD, selain berdasarkan dengan nilai rapor dan nilai UTBK, seleksi juga akan mempertimbangkan hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, yang akan diselenggarakan kampus secara daring. 

Pendaftaran SM-ITB dibuka mulai tanggal 6 -29 Juni 2022 dengan biaya Rp 500.000 per orang, sudah termasuk biaya ujian menggambar bagi peminat FSRD. Khusus peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan peserta dari SMA/MA di wilayah 3T akan dibebaskan biaya pendaftaran. 

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai seleksi masuk jalur Mandiri ITB bisa cek laman resminya di https://admission.itb.ac.id 

Baca Juga:
UTBK-SBMPTN Gelombang II Riau 28 Mei-3 Juni, Panitia Ingatkan Peserta Tak Telat

2. Universitas Padjadjaran (Unpaj) 



#PTN #Jalur #Mandiri #Pakai #Nilai #UTBK #Peserta #Calon #Mahasiswa #Tidak #Perlu #Ujian #Lagi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.