1 Juni 2022 Hari Apa dan Kenapa Menjadi Hari Libur Nasional? Simak Penjelasan Berikut

  • Share
1 Juni 2022 Hari Apa dan Kenapa Menjadi Hari Libur Nasional? Simak Penjelasan Berikut

Mesjid.id – Hari besar dan peringatan cukup sering terjadi di Indonesia. Seperti bulan depan, tanggal 1 Juni 2022 ada hari libur. Nah, sebenarnya 1 juni 2022 hari apa?

Bulan Mei kemarin setidaknya masyarakat dimanjakan dengan beberapa hari libur nasional. Lalu bagaimana dengan bulan Juni? 1 Juni 2022 hari apa dalam kalender nasional Indonesia?

1 Juni 2022 Hari Apa?

Jawaban atas pertanyaan 1 Juni 2022 hari apa bisa dijawab dengan singkat, yakni peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini sendiri juga menjadi hari libur nasional Indonesia, sehingga bisa jadi tambahan libur untuk Anda di tengah pekan.

Baca Juga:
Mengenal Abdul Wahid Hasyim, Salah Satu Anggota BPUPKI dari Perwakilan NU

1 Juni 2022 tepatnya akan jatuh pada hari Rabu. Hal ini menambah panjang rentetan libur setiap pekan yang terjadi sejak awal Mei lalu, ditandai dengan cuti bersama Lebaran 2022. Bulan Juni akan diawali dengan hari libur dan tanggal merah.

Keputusan penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional tercantum pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Untuk libur tahun 2022 terkait Hari Lahir Pancasila sendiri tertuang dalam Surat Keputusan Bersama 3 Menteri terbaru Nomor 275 Tahun 2022 (Menteri Agama), Nomor 1 Tahun 2022 (Menteri Ketenagakerjaan), dan Nomor 1 Tahun 2022 (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022.

Awal Mula Peringatan Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila bermula dari rapat BPUPKI (dalam situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), yang berlangsung pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Rapat tersebut diadakan di Gedung Volksraad atau perwakilan Rakyat, yang dikenal dengan nama lain Gedung Chuo Sang In. Pada era modern, gedung yang sama dikenal dengan nama Gedung Pancasila.

Baca Juga:
Yap Tjwan Bing, Tokoh Keturunan Tionghoa Asal Solo yang Jadi Anggota BPUPKI

Rapat tersebut membahas mengenai dasar negara Indonesia, dan melibatkan tokoh penting bangsa. Mulai dari Muhammad Yamin, Soekarno, dan tokoh bangsa lain yang menyampaikan pandangannya mengenai dasar negara.



#Juni #Hari #Apa #dan #Kenapa #Menjadi #Hari #Libur #Nasional #Simak #Penjelasan #Berikut

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *