Demo Mahasiswa Bentangkan Spanduk Raksasa “Hancurkan Oligarki” di Depan Gedung DPR

  • Share
Demo Mahasiswa Bentangkan Spanduk Raksasa "Hancurkan Oligarki" di Depan Gedung DPR

Mesjid.id – Sebanyak ratusan mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam Komite Rakyat Lawan atau KKN menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (19/5/2022). Mereka tampak membentangkan dua poster raksasa di pintu gerbang DPR RI.

Pantauan Mesjid.id, poster yang dipasang oleh mahasiswa tersebut bertuliskan KKN Musuh Rakyat, Hancurkan Oligarki. Kemudian ada juga tulisan Reformasi Dikhianati, Mei Bersatu Untuk Rakyat, Mei Melawan Sampai Menang dan Mei Kebangkitan Nasional.

“Kita sudah bentangkan spanduk kita sebagai bukti perlawanan terhadap oligarki,” kata salah satu orator.

Pada aksi kali ini, mahasiswa yang ikut terlibat berasal dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Pamulang, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pembangunan Nasional Jakarta, Universitas Nasional dan Universitas Prof Moestopo Beragama.

Baca Juga:
Ribuan Massa Buruh Geruduk Gedung DPR

Setidaknya ada lima tuntutan yang disampaikan pada aksi tersebut. Tuntutan pertama ialah melawan praktik KKN dan melawan oligarki serta mengembalikan jalanya negara sesuai dengan tujuan bernegara yang telah termaktub dalam Pembukaan UUD 1945.

Tuntutan kedua ialah menuntut turunya harga-harga kebutuhan pokok rakyat seperti harga minyak goreng, gas, BBM, listrik, dan lain-lain serta memberikan hukuman yang tegas kepada para oligarki dan mafia yang mengambil keuntungan ditengah penderitaan rakyat.

Ketiga, mereka menuntut para pengkianat demokrasi yang mengakali konstitusi untuk kepentingan memperpanjang kekuasaan melanggengkan dominasi oligarki agar diberikan hukuman setegas-tegasnya.

Tuntutan k2eempat, para oligarki dan penghianat republik ini segera disingkirkan dari posisinya sebagai pengendalirepublik ini dan diadili seadil-adilnya karena telah merugikan negara dan rakyat banyak.

Kemudian tuntutan terakhir ialah mereka meminta dibatalkannya semua produk undang-undang yang dibuat tidak mendengarkan aspirasi rakyat dan dibuat secara ugal-ugalan demi kepentingan oligarki yang mengabaikanprosedur sebenarnya dalam penyusunan undang-undang.

Baca Juga:
Jangan Lewat Sini, Ada Demo Buruh dan Mahasiswa di Jakarta, Salah satunya Memperingati Hari Reformasi 12 Mei

Aksi demonstrasi berjalan dengan aman. Para mahasiswa membubarkan diri pada pukul 4.30 WIB dengan melakukan long march menuju Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat.



#Demo #Mahasiswa #Bentangkan #Spanduk #Raksasa #Hancurkan #Oligarki #Depan #Gedung #DPR

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.