Mengenal Double Vortex, Salah Satu Penyebab Ciputat Banten Jadi Daerah Paling Panas di Indonesia saat Lebaran

  • Share
Mengenal Double Vortex, Salah Satu Penyebab Ciputat Banten Jadi Daerah Paling Panas di Indonesia saat Lebaran

Mesjid.id – Ciputat Banten adalah daerah paling panas di Indonesia saat lebaran, tepatnya di antara tanggal 1 hingga 6 Mei 2022. Semua ini disebabkan salah satunya oleh double vortex atau pusaran kembar.

Untuk mengetahui apa itu double vortex, simak penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ini sekaligus menjawab kenapa saat lebaran suhu udara panas sekali saat lebaran.

Hasil analisis iklim dasarian pada periode 1 – 10 Mei 2022 menunjukkan lebih hangatnya suhu muka laut di wilayah Samudera Hindia barat Sumatera dan Laut Jawa.

Hal ini akan menambah suplai udara lembab akibat penguapan yang lebih intensif dari permukaan lautan.

Baca Juga:
Suhu Udara Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

Hal itu dijelaskan Pelaksana tugas Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, analisis sirkulasi angin menunjukkan adanya pusaran kembar (double vortex) di bagian utara dan selatan belahan bumi sebelah barat Sumatera sebagai manifestasi dari aktifnya gelombang atmosfer MJO (Madden Julian Oscillation) di area tersebut.

Di sisi lain, di atas Pulau Kalimantan juga muncul vortex meskipun lebih lemah.

Kondisi itu menyebabkan angin di atas sebagian wilayah Jawa dan Sumatera menjadi lemah dan cenderung stabil, sehingga udara yang lembab dan panas cenderung tertahan tidak bergerak ke mana-mana.

Sirkulasi massa udara memicu tertahannya masa udara panas di atas sebagian wilayah Sumatera dan Jawa, sehingga mengamplifikasi Mei yang panas.

Baca Juga:
Ramai Soal Wabah PMK, Hewan Ternak dari Luar Daerah Dilarang Masuk Lebak!

“Kondisi udara yang terasa panas dan tidak nyaman dapat disebabkan oleh suhu udara yang tinggi,” ujar Urip.



#Mengenal #Double #Vortex #Salah #Satu #Penyebab #Ciputat #Banten #Jadi #Daerah #Paling #Panas #Indonesia #saat #Lebaran

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.