Kode Etik Tentang Konten Podcast Segera Dirumuskan

  • Share
Kode Etik Tentang Konten Podcast Segera Dirumuskan

Mesjid.id – Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mendesak agar segera dirumuskan kode etik terkait konten podcast.

Kata Emrus, pesan komunikasi yang disampaikan dalam podcast, harus selalu diatur dengan etika maupun regulasi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat,  bangsa serta negara.

“Saya berpendapat bahwa harus disegerakan membuat kode etik paling tidak tentang podcast, sehingga pesan-pesan yang disampaikan acara itu bermanfaat bagi masyarakat, bagi penonton, bagi bangsa dan negara,” ujar Emrus saat dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022).

Pernyataan Emrus menyusul polemik podcast Deddy Corbuzier yang mengundang pasangan gay Ragil Mahardika dan pasangan bulenya, Frederil Vollart. Dari konten itu, Deddy dituding mendukung LGBT hingga dihujat.

Baca Juga:
Soal Podcast LGBT Deddy Corbuzier, Muhadjir: Kalau Pasangan Itu Hamil dan Melahirkan, Baru Urusan Kemenko PMK

Selain itu, Emrus juga menyarankan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengumpulkan para podcaster dalam rangka merumuskan etika-etika yang harus dihormati dalam membuat konten. 

Masih menurutnya, etika tersebut nantinya tidak terlalu berbeda dengan etika jurnalistik. Mengingat kata Emrus, podcast juga berbasis pada fakta, data, dan bukti.

Lebih lanjut, Emrus mengakui konten podcast tengah menunjukkan perkembangan di Indonesia. 

Namun, Emrus menegaskan konten melalui media sosial itu tak boleh mengabaikan etika dan regulasi yang berlaku saat ini. 

“Hal paling penting konten podcast tersebut tidak boleh menghina, merendahkan, dan merundung seseorang,” papar Emrus.

Baca Juga:
Kena Getah Deddy Corbuzier, Gus Miftah Blak-blakan Bakal Lawan Pertama Kali Jika Tujuannya Kampanye LGBT

Lebih lanjut, Emrus juga menyoroti lantaran belum dirumuskannya etika untuk sebuah konten podcast.  Karena itu, dirinya mendorong agar para pihak yang kerap di dunia podcast untuk memikirkan hal tersebut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kode #Etik #Tentang #Konten #Podcast #Segera #Dirumuskan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.