Hadiri KTT Khusus Asean-AS, Jokowi Berangkat ke Negeri Paman Sam Besok

  • Share
Presiden Jokowi Imbau Warga Hindari Puncak Arus Balik Pada 6 Hingga 8 Mei 2022

Mesjid.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri KTT Khusus Asean-AS di Washington DC yang diselenggarakan pada 12-13 Mei 2022. Jokowi disebut bakal berangkat ke Amerika Serikat pada Selasa (10/5/2022) esok.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kabar tersebut. Rencananya Jokowi akan berada di Negeri Paman Sam hingga akhir pekan nanti.

“Berangkat 10 (Mei) dan kembali 14 (Mei),” kata Heru kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Awalnya, KTT Khusus ASEAN-AS itu bakal digelar pada Maret 2022. Namun penyelenggara memutuskan untuk menunda dan menggantikan dengan tanggal baru.

Baca Juga:
Makna Politik Pertemuan Jokowi dengan Megawati, Pengamat: Mega Menangkap Sinyal Jokowi Tidak Dukung Puan

“Pertemuan itu ditunda ke tanggal berikutnya karena beberapa pemimpin ASEAN tidak dapat menghadiri pertemuan pada tanggal yang diusulkan,” kata Menteri Kamboja, Prak Sokhonn, Rabu (9/3/2022).

KTT tersebut dipandang sebagai bagian dari upaya AS untuk meningkatkan keterlibatan dengan wilayah yang dianggap Washington penting bagi upayanya untuk melawan kekuatan China yang sedang tumbuh.

KTT itu semula diharapkan bisa digelar pada awal tahun, tetapi ditunda oleh kekhawatiran COVID-19.

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bulan lalu pertemuan puncak di Washington adalah “prioritas utama bagi Pemerintahan Biden-Harris” dan pertemuan itu juga akan memperingati 45 tahun hubungan AS-ASEAN.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Desember pertemuan puncak itu diharapkan untuk membahas krisis yang disebabkan oleh kudeta militer tahun lalu di Myanmar dan masalah-masalah seperti pemulihan pandemi, perubahan iklim, investasi dan infrastruktur.

Baca Juga:
Luhut Pastikan Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk Bakal Terwujud di AS Pekan Ini

Amerika Serikat mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya bermaksud untuk mengikuti jejak ASEAN dengan mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar yang diperintah militer ke pertemuan puncak itu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Hadiri #KTT #Khusus #AseanAS #Jokowi #Berangkat #Negeri #Paman #Sam #Besok

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.