Bolehkah Makan Sebelum Shalat Idul Fitri? Ini Hukumnya Sesuai Ajaran Rasulullah

  • Share
Bolehkah Makan Sebelum Shalat Idul Fitri? Ini Hukumnya Sesuai Ajaran Rasulullah

Mesjid.id – Hari Raya Idul Fitri telah tiba, tak sedikit umat Muslim yang menjalankan amalan-amalan sunnah untuk meraih keberkahan di hari kemenangan ini. Salah satunya muncul pertanyaan bolehkah makan sebelum shalat Idul Fitri?

Pertanyaan bolehkah makan sebelum shalat Idul Fitri menjadi pertanyaan banyak umat Muslim di hari Raya lebaran ini. Ternyata ada hukum makan sebelum shalat Idul Fitri yang perlu diketahui.

Lantas, bolehkah makan sebelum shalat Idul Fitri? Simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Makan Sebelum Shalat Idul Fitri?

Baca Juga:
7 Amalan di Hari Raya Idul Fitri 2022, Amalkan Agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Bolehkah makan sebelum shalat Idul Fitri ini terjawab berdasarkan amalan yang biasa dilakukan Rasulullah SAW di Hari Raya Idul Fitri. Makan sebelum shalat Idul Fitri hukumnya sunnah. Rasulullah biasa makan sebelum shalat Idul Fitri.

Ibadah sunnah makan sebelum shalat Idul Fitri sesuai ajaran Rasulullah ini tertuang dalam hadist riwayat Ibnu Majah berikut, “Pada hari Idul Fitri, Rasulullah SAW tidak keluar untuk shalat hingga beliau makan terlebih dahulu. Sementara pada Hari Raya Idul Adha (Nahr), beliau tidak makan hingga kembali (dari shalat),” (HR. Ibnu Majah 1746).

Dikutip dari NU Online, Rasulullah biasa makan sebelum shalat Idul Fitri. Rasulullah SAW memakan beberapa kurma sebelum berangkat menuju masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

Dalam sebuah hadist Imam Bukhari yang dikutip At-Tabrizi yang berbunyi, “Adalah Rasulullah SAW tidak pergi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri sampai beliau memakan beberapa butir kurma. Beliau memakannya ganjil.” (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan beberapa biji kurma dengan jumlah ganjil seperti tiga, lima, maupun tujuh. Tujuan Rasulullah SAW memakan kurma karena dinilai memiliki kandungan rasa manis yang dapat menguatkan pandangan dan dapat melembutkan hati setelah selama satu bulan berpuasa.

Baca Juga:
Niat Sholat Ied untuk Imam dan Makmum, Tata Cara serta Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

Meski demikian tidak diharuskan seorang muslim untuk mengkonsumsi kurma sebelum shalat Idul Fitri. Seorang muslim juga dapat menggantinya dengan makanan manis maupun makanan seadanya di rumah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Bolehkah #Makan #Sebelum #Shalat #Idul #Fitri #Ini #Hukumnya #Sesuai #Ajaran #Rasulullah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.