Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Prabowo Subianto Menang Telak Head to Head Lawan Ganjar, Anies hingga AHY

  • Share
Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Prabowo Subianto Menang Telak Head to Head Lawan Ganjar, Anies hingga AHY

Mesjid.id – Hasil survei Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan kalau elektabilitasnya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi yang lebih tertinggi dibanding tokoh lainnya yakni mencapai 26,5 persen. Bahkan Prabowo mengalahkan nama-nama populer lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam simulasi head to head antar capres.

Pada simulasi tersebut, sosok Prabowo mendominasi dengan persentase kemenangan di atas 50 persen.

“Pada simulasi head to head antar capres, publik mayoritas menentukan pilihannya kepada Prabowo Subianto dengan persentase lebih dari 50 persen suara apabila berhadapan dengan Ganjar, Anies, AHY, Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto,” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, Rabu (13/4/2022).

Tangkapan layar hasil survei head to head antar capres yang dihimpun Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). (ist)

“Semua capres tak dapat memenangkan pertarungan bila berhadapan dengan Prabowo. Berhadapan dengan Ganjar dan Anies, Prabowo mampu memperoleh tingkat elektabilitas di atas 50 persen,” sambungnya.

Baca Juga:
3 Kelompok Deklarasi Sandiaga Uno Jadi Calon Presiden 2024, Siapa Saja?

Pada variabel elektabilitas capres, Prabowo masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar publik bila Pemilu dilaksanakan hari ini. Angka persentasenya meningkat dari 24,5 persen menjadi 26,5 persen. Ganjar dan Anies berada di posisi ke-2 dan ke-3 namun terpaut angka cukup jauh dengan Prabowo.

“Dalam empat rangkaian survei yang telah dilaksanakan SPIN, terjadi peningkatan elektabilitas terhadap Prabowo. Disamping basis pemilih yang telah kuat, pemilih yang memilihnya saat pemilu 2019 dan yang kecewa terhadap Prabowo karena bergabung dengan pemerintahan Jokowi diduga kembali memilih Prabowo. Paling fenomenal adalah dimana pemilih Jokowi 2019 dianggap semakin percaya kepadanya dan kemudian banyak menjatuhkan pilihannya ke Prabowo,” jelas Igor.

Menurut Igor, jika publik ingin melanjutkan program dan kebijakan positif dari Presiden Jokowi serta menyempurnakannya, maka menteri pertahanan Prabowo Subianto bisa dianggap jalan tengah terbaik pasca berakhirnya kepemimpinan Jokowi di 2024 nanti. Dengan predikat sebagai menteri dengan kinerja terbaik, Prabowo dianggap mampu melanjutkan program dan pembangunan di era Jokowi.

Tangkapan layar hasil survei head to head antar capres yang dihimpun Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). (ist)
Tangkapan layar hasil survei head to head antar capres yang dihimpun Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). (ist)

“Artinya, jika Prabowo terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024, dikotomi kadrun-cebong berpotensi juga akan menghilang dari jagat politik Indonesia. Dan itu langkah positif bagi keharmonisan sebuah bangsa: persatuan dan kesatuan.”

Survei SPIN tersebut dilakukan pada tanggal 28 Maret-07 April 2022 dengan total jumlah responden 1230, berusia minimal 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi, dengan metode multistage random, tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner dan kontrol kualitas 10 persen dari sampel.

Baca Juga:
Prabowo Subianto Unggul, Sandiaga Uno Juga Berjaya dalam Survei Capres 2024



#Jika #Pilpres #Digelar #Hari #Ini #Prabowo #Subianto #Menang #Telak #Lawan #Ganjar #Anies #hingga #AHY

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *