ASDP Targetkan Angkut 3,2 Juta Pemudik Lewat Kapal Penyebrangan Saat Lebaran

  • Share
ASDP Targetkan Angkut 3,2 Juta Pemudik Lewat Kapal Penyebrangan Saat Lebaran

Mesjid.id – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menargetkan jumlah penumpang yang mudik dengan kapal penyebrangan sebanyak 3,2 juta orang. Jumlah tersebut, naik 65 persen dibandingkan realisasi mudik tahun lalu yang sebesar 1,9 juta orang.

Sedangkan kendaraan yang diangkut pada mudik tahun ini diperkirakan mencapai 582 ribu unit atau naik 44 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 403 ribu unit.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan bahwa ASDP telah melakukan antisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan pada lebaran mengingat layanan mudik tahun ini untuk ketiga kalinya berlangsung di masa pandemi Covid-19.

Posko Angkutan Lebaran di lingkungan ASDP akan berlangsung pada 22 April 2022 (H-10) hingga 10 Mei 2022 (H+7). Terdapat sembilan cabang yang akan menjadi pantauan nasional selama Angkutan Lebaran yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, Lembar, Kayangan, Balikpapan, Bangka, Bajoe, dan Sibolga. Dan 5 cabang pantauan perusahaan yakni Selayar, Batam, Ambon, Ternate dan Bitung.

Baca Juga:
Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran, Dishub Sleman Siapkan Posko Penjagaan hingga Jalur Alternatif

“Manajemen telah melakukan antisipasi dengan memaksimalkan kapasitas, baik kapal dan terminal pelabuhan. Diprediksikan, puncak arus mudik pada tanggal 29 dan 30 April 2022 (H-3 dan H-2), dan prediksi arus balik pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 (H+4 dan H+5),” kata Ira dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Adapun, asumsi perhitungan trafik pada Angkutan Lebaran tahun ini, jumlah trip sebanyak 17.600 atau naik 16 persen dibandingkan realisasi tahun 2021 sebanyak 15.100 trip.

Pada tahun 2022 ini, ASDP menargetkan dapat mengangkut 5,9 juta penumpang, dengan total 6,3 juta unit kendaraan, dan 1,02 juta ton barang.

Sementara itu, ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya dengan melakukan reservasi tiket online melalui Ferizy, khususnya di empat pelabuhan utama Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

“Hal penting juga, pengguna jasa wajib dan terus diimbau agar membeli tiket secara mandiri melalui www.ferizy.com/aplikasi Ferizy dan Sales Channel resmi Ferizy yaitu Gerai Alfamart dan/ Agen BRILink,” kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin.

Baca Juga:
Begini Langkah Pertamina untuk Amankan Pasokan BBM saat Arus Mudik Lebaran di Jawa Tengah

Dalam proses pengisian data agar pengguna jasa mengisi identitas diri dan kendaraan secara lengkap sesuai KTP dan STNK, serta pastikan seluruh jumlah penumpang dalam kendaraan terdata di dalam tiket agar terdata dengan baik dan benar di dalam data manifest kapal.



#ASDP #Targetkan #Angkut #Juta #Pemudik #Lewat #Kapal #Penyebrangan #Saat #Lebaran

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *