Prediksinya Harus Cepat, Tepat dan Akurat

  • Share
Prediksinya Harus Cepat, Tepat dan Akurat

Mesjid.id – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan, zero victim menjadi tolok ukur keberhasilan sistem peringatan dini yang dibangun BMKG.

Menurut Dwikorita, BMKG terus memacu seluruh sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki untuk membangun sistem peringatan dini multibencana yang tidak hanya cepat, namun juga tepat dan akurat.

“Peringatan dini ya benar-benar harus dini. Prediksinya harus cepat, tepat, dan akurat. Dengan begitu, kita bisa menekan jumlah kerugian materil dan nyawa akibat bencana,” ujar Dwikorita saat memberi sambutan dalam acara Webinar Talkshow Dewan Pembelajar BMKG Corporate University & Ekspos Inovasi Aksi Perubahan Alumni, dalam keteranganya, Kamis (7/4/2022)

Dwikorita mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan bencana dan perubahan iklim yang semakin kompleks dan penuh ketidakpastian.

Baca Juga:
BMKG Sebut Jawa Tengah Bagian Selatan Mulai Memasuki Masa Pancaroba, Ini Penjelasannya

Maka dari itu, perlu aksi mitigasi yang terstruktur, sistematis, dan massif dalam menyikapi kondisi tersebut.

BMKG, lanjut dia, juga terus berbenah dan mendorong untuk menjadi Center of Excellence menyusul keharusan organisasi untuk mengubah paradigma pengelolaan ASN BMKG, dari SDM menjadi Human Capital.

Hal ini kata dia untuk menjawab tantangan global sehingga mampu membawa BMKG menjadi organisasi berkelas dunia.

“Kami (BMKG—red) juga terus melakukan inovasi dan aktif berkolaborasi dengan lembaga lain untuk memperkuat sistem peringatan dini di Indonesia,” imbuh dia.

Dwikorita memaparkan, lebih dari 70 persen pegawai BMKG merupakan angkatan muda, generasi milenial.

Baca Juga:
Setelah Palembang Diguyur Hujan hingga Pohon Besar Tumbang di Jalan Merdeka, BMKG Ingatkan Prakirakan Cuaca Hari Ini

Dalam periode 3 tahun ini, tambah dia, bonus demografi tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya, dikembangkan potensi dan kapasitasnya secara optimal, agar tidak kehilangan golden moment, tertinggal dalam kemajuan dunia. Salah satu strateginya adalah melalui pendidikan dan pelatihan.



#Prediksinya #Harus #Cepat #Tepat #dan #Akurat

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *