Jadi Salah Satu Pilar Ekonomi Bangsa, Bupati Mojokerto Berharap Koperasi Wanita Terus Berkembang

  • Share
Jadi Salah Satu Pilar Ekonomi Bangsa, Bupati Mojokerto Berharap Koperasi Wanita Terus Berkembang

Mesjid.id – Gedung Koperasi Wanita (Kopwan) Bina Mandiri yang berada di Jl. Ahmad Yani, Desa Pohkecik, Kecamatan Dlanggu telah diresmikan oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati pada Rabu (6/4/2022).

Dalam peresmian yang juga Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopwan Bina Mandiri Tahun 2021 tersebut, usai memberikan sambutan Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini kemudian melakukan pemukulan gong dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya gedung Kopwan Bina Mandiri. Ikfina juga membubuhkan tanda tangan pada prasati pembangunan gedung.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kinerja dan berharap koperasi yang berdiri tahun 2009 ini bisa berkembang lebih pesat lagi.

“Ini adalah satu hal yang luar biasa dan ini adalah hasil kerja keras bapak ibu, dan tidak cukup kerja keras tetapi juga kerja sama, karena ini adalah koperasi bukan usaha milik pribadi,” kata Ikfina.

Baca Juga:
Jaksa Hadirkan Dua Saksi di Luar BAP Kasus Aborsi Novia Widyasari, Kuasa Hukum Randy Bagus Layangkan Protes

Kopwan Bina Mandiri mendapat sertifikat pemeringkatan koperasi dengan Nomor 000-301/LIPK-NN/XI/2021 dengan Predikat ‘berkualitas’ (AAB). Dalam sejarah terbentuknya, Kopwan Bina Mandiri mendapat dana hibah dari Provinsi Jawa Timur senilai Rp 25 juta pada tahun 2009 dan pada tahun 2011.

Seiring berjalannya waktu, Kopwan Bina Mandiri terus mengalami peningkatan. Hingga di tahun 2022 ini, perputaran omset koperasi mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

“Dengan demikian Kopwan Bina Mandiri telah mampu menjadi pusat ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mojokerto,” ucapnya.

Lebih lanjut Ikfina mengungkapkan, terkait proses pengembangan koperasi agar menjadi besar. Menurutnya, dibutuhkan kerja sama yang kuat antara pengurus koperasi dan anggota koperasi dalam proses simpan pinjam di koperasi.

“Yang bisa memberikan kas itu adalah karena anggotanya ini menyimpan uangnya di koperasi dan lebih lagi mereka mau pinjam dan kemudian mengembalikan tepat waktu, di situlah koperasi bisa berkembang,” tuturnya.

Baca Juga:
Minyak Goreng Curah Langka dan Mahal, IKM Kerupuk di Mojokerto Berhenti Produksi

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat meresmikan Gedung Koperasi Wanita (Kopwan) Bina Mandiri yang berada di Jl. Ahmad Yani, Desa Pohkecik, Kecamatan Dlanggu. (Istimewa)

Koperasi kata Ikfina merupakan salah satu pilar ekonomi sebuah bangsa. Koperasi sendiri kali pertama digagas oleh Wakil Presiden RI Mohammad Hatta. Bung Hatta berharap, dengan keberadaan koperasi, ekonomi masyarakat bisa terangkat.



#Jadi #Salah #Satu #Pilar #Ekonomi #Bangsa #Bupati #Mojokerto #Berharap #Koperasi #Wanita #Terus #Berkembang

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *